Pemberdayaan Pembelajaran Matematika Melalui Teknologi: Inisiatif PKM Prodi Pendidikan Matematika IAIN Palopo

Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat

Pemberdayaan Pembelajaran Matematika Melalui Teknologi: Inisiatif PKM Prodi Pendidikan Matematika IAIN Palopo

Di tengah gairah dunia pendidikan yang terus berinovasi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo telah mengambil langkah signifikan melalui pelaksanaan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berjudul “Pendampingan Pemanfaatan Media Pembelajaran Matematika berbasis IT pada Siswa SMA Negeri 1 Pakue”. Program ini berhasil dilaksanakan selama empat hari yang berlangsung dari tanggal 2 sampai 5 Maret 2024, menciptakan sebuah momentum penting dalam sejarah pendidikan matematika di Indonesia.

Berlokasi di Jalan Poros Lapai Olo-Olohort, Desa Kosali, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, PKM ini berhasil menjangkau siswa di luar batas provinsi, menegaskan komitmen Prodi Pendidikan Matematika IAIN Palopo dalam memperluas horison pendidikan. Sebanyak 30 siswa dari SMA Negeri 1 Pakue terlibat dalam program ini, menunjukkan antusiasme yang besar terhadap pembelajaran matematika yang dibawakan dengan pendekatan baru.

PKM ini tidak hanya merupakan kegiatan rutin, tetapi juga sebuah manifestasi nyata dari tridarma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan melibatkan 16 dosen dan 4 mahasiswa HMPS, program ini menawarkan pendampingan dan pembelajaran matematika yang inovatif bagi generasi Z, yang dikenal dengan kecenderungan dan preferensi mereka terhadap teknologi informasi dan media interaktif.

Dr. Nur Rahmah, M.Pd, selaku Ketua Prodi Pendidikan Matematika IAIN Palopo, menyatakan pembukaan program ini dengan menekankan pentingnya PKM dalam mewujudkan keterampilan pembelajaran matematika abad ke-21 di era literasi digital. Sambutan hangat juga diberikan oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pakue, Bpk. Drs. Idil, M.Si., yang mengapresiasi IAIN Palopo atas kontribusi pengetahuan yang bermanfaat bagi siswanya.

Materi PKM dibawakan oleh narasumber yang kompeten di bidangnya. Bpk. Drs. H. Nasaruddin, M.Si., membuka wawasan tentang matematika dari berbagai perspektif kehidupan. Dilanjutkan dengan sesi dari Ibu Dr. Hj. Salmilah, M.T., yang memperkenalkan Augmented Reality untuk pembelajaran bangun ruang dan Virtual Reality untuk pembelajaran trigonometri. Terakhir, Ibu Rosdiana, S.T., M.Kom, memberikan pelajaran tentang Google Sites untuk pembelajaran integral tak tentu dan Elektronik Modul untuk pembelajaran Aljabar.

Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika bagi siswa, tetapi juga menandai awal dari sebuah kerjasama berkelanjutan antara Prodi Pendidikan Matematika FTIK IAIN Palopo dan SMA Negeri 1 Pakue. Hal ini dikonfirmasi melalui penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama, menjanjikan lebih banyak inisiatif pengembangan pendidikan di masa mendatang. Inisiatif PKM ini menawarkan sebuah glimpse ke masa depan pendidikan matematika yang lebih interaktif, inklusif, dan inovatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *