PGMI IAIN Palopo: Jejak Pengabdian di Kolaka Utara Menuju Pendidikan Unggul

Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat

PGMI IAIN Palopo: Jejak Pengabdian di Kolaka Utara Menuju Pendidikan Unggul

Dengan semangat yang tinggi untuk memberikan kontribusi nyata dalam dunia pendidikan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo telah menandai sejarah baru melalui pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Kegiatan ini, yang bertajuk “Pengabdian Kepada Masyarakat PGMI IAIN Palopo Road To Kolaka Utara,” sukses diselenggarakan selama empat hari, mulai dari 6 hingga 9 Maret 2024.

Sebanyak dua puluh anggota tim pengabdian, yang terdiri dari dosen, staff program studi, mahasiswa, dan alumni PGMI IAIN Palopo, mengambil bagian aktif dalam kegiatan ini. Mereka dipimpin oleh Dr. Muhammad Guntur, M.Pd., Ketua Program Studi PGMI, dan Nurul Aswar, M.Pd., Sekretaris Program Studi, yang berperan sebagai nakhoda dalam misi edukasi ini. Keempat institusi pendidikan di Kolaka Utara, yaitu SMAN 1 Batu Putih, SMAN 1 Tolala, SMAN 1 Porehu, dan SDN 1 Porehu, menjadi lokasi utama dari rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Dengan fokus pada pembekalan siswa SMA dan guru SD dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan zaman, PKM PGMI IAIN Palopo menawarkan seminar-seminar inspiratif. Topik-topik penting seperti “Membangun Masa Depan Unggul melalui Pemilihan Jurusan dan Perguruan Tinggi yang Tepat pada Era 5.0,” “Berani Bersuara, STOP Bullying! Wujudkan Lingkungan Sekolah yang Aman dan Ramah,” serta “Menulis Ilmiah 4.0: Mengasah Keterampilan Menulis untuk Memperluas Cakrawala Akademis” menjadi materi utama yang disampaikan kepada para peserta.

Tidak hanya memberikan wawasan kepada siswa, kegiatan ini juga mengadakan sesi khusus bagi para guru SD di SDN 1 Porehu, dengan fokus pada Implementasi Kurikulum Merdeka yang diuraikan oleh Dr. Hisbullah, S.Pd., M.Pd., seorang Fasilitator Nasional Implementasi Kurikulum Merdeka dari Kemenag. Keberhasilan kegiatan ini tidak hanya mencerminkan dedikasi dan komitmen PGMI IAIN Palopo terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, tetapi juga membuka peluang bagi kegiatan serupa di masa depan.

Dr. Muhammad Guntur, M.Pd., menutup kegiatan ini dengan pesan yang menggugah, mengatakan bahwa pengabdian merupakan bagian tak terpisahkan dari tridarma perguruan tinggi. Melihat antusiasme dan kesuksesan kegiatan ini, beliau optimis bahwa PKM PGMI akan kembali lagi ke Kolaka Utara di tahun-tahun mendatang, membawa lebih banyak inovasi dan inspirasi untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Jejak pengabdian PGMI IAIN Palopo di Kolaka Utara tidak hanya meninggalkan kesan yang mendalam bagi para peserta, tetapi juga menjadi bukti nyata komitmen mereka dalam mewujudkan pendidikan yang unggul di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *